Pentingnya Perspektif Spiritual Agar Kita Tak Gampang Merusak Alam

Oleh: Dayu Akraminas

Meskipun manusia diberi kebebasan untuk mengolah dan memanfaatkan lingkungan, namun tetap harus memperhatikan kelestarian alam.

Perlu pengakuan dari kita, bahwa alam semesta adalah ciptaan Tuhan. Tentunya hanya Dia yang berkuasa penuh, dan mengendalikan (taskhīr) alam ini. Terlepas dari perbedaan orientasi penafsiran tentang bagaimana proses penciptaan alam, atau bagaimana Allah menjalankan kuasa-Nya atas alam, tetapi ada titik kesamaan bahwa hanya Allah sebagai Pencipta dan Penguasa alam.

Pandangan ini perlu ditegaskan karena hal tersebut yang membedakan pandangan dunia Islam dengan paham sekuler yang sebagian dari mereka beranggapan bahwa alam semesta ini bukan dari ciptaan Tuhan dan bukan di bawah kekuasaan Tuhan. Doktrin seperti ini hanya membuat manusia lebih bias dan leluasa untuk mengeksploitasi terahadap alam, karena tidak ada pengakuan tentang kepemilikan segala sesuatu di alam, sehingga manusia dengan bebasnya memperlakukan alam.

Untuk itu perlu dijelaskan bahwa alam merupakan anugerah dari Allah. Kita tidak mempunyai hak kepemilikan sedikitpun atas alam. Kita hanya sebagai konsumen, memanfaatkan alam bagi kebutuhan hidup. Alam memiliki kedudukan yang sama dengan makhluk lainnya. Ia memiliki kesakralan dan kesucian, sebab alam dan manusia merupakan makhluk yang diciptakan berdasarkan pantulan cermin Allah (tajallī: manifestasi).

Allah menciptakan alam dan seisinya tidak dengan sia-sia. Islam sangat menekankan keyakinan terhadap kebaikan alam. Dan Islam juga menekankan, bahwa manusia juga bertangung jawab untuk melindungi, merawat dan melestarikan alam. Menurut Mulyadi Kartanegara, bahwa manusia diberi kelebihan oleh Allah atas makhluk lainnya sehingga diberi amanah untuk menjaga, mengelola alam semesta, bertanggung jawab pada semua aspek keberlangsungan dan keteraturan alam semesta ini.

Begitu juga dalam pandangan Ibn ‘Arabī, bahwa alam yang yang suci ini bukan semata-mata untuk dijadikan tempat bernaung semua makhluk, tetapi dia harus dilestarikan. Sebab, alam merupakan media Tuhan dalam menampakkan dirinya (tajalli).

Alam menyimpan informasi-informasi ilahiah yang memerlukan penelusuran secara mendalam. Alam bukan lagi dipandang relitas yang kosong, tidak memberi makna bagi manusia, melainkan alam memiliki keistimewaan yang menjadi media untuk mengenal Allah. Selain itu juga alam merupakan kreativitas Tuhan yang perlu dihormati, yang pada akhirnya dapat membantu manusia mencapai kebahagian lahir dan batin.

Melihat Alam dengan Perspektif Spritual

Dimensi spiritual memungkinkan manusia untuk hidup secara rohani dalam menghayati totalitas eksistensinya dalam alam. Dimensi ini bisa dibentuk dengan cara mengubah paradigma memandang alam bukan lagi instrumen yang harus dieksploitasi, tetapi alam juga bisa dijadikan sarana spritual untuk mengenal Allah.

Mengutip pendapat Henryk Skolimowski, Ia memberikan tawaran yang menarik untuk memandang alam semesta ini secara spiritual. Dia mendefinisikan spiritulitas sebagai esensi yang diperoleh dari kondisi manusia yang berinteraksi dengan alam.

Kemungkinan pengalaman manusia dalam berinteraksi dengan alam berbeda-beda dari satu budaya dengan budaya yang lainnya, atau dari satu kondisi dengan kondisi yang lainnya. Meski berbeda, spiritualitas tidak bersifat aksidental, melainkan esensial.

Menurutnya, spiritualitaslah yang membuat jati diri manusia itu lebih dikenal, bahkan sebagai sarana untuk kesadaran diri. Aspek-aspek kesadaran diri manusia ini menurut Skolimowski harus diukur dari aspek spiritualitas. Aspek ini dimulai dari menganggap alam yang mempuanyai kesakralan tersendiri.  Ketika alam ini dilihat sebagai makhluk yang mempunyan kesakralannya, maka peran manusia dalam melihat kesakralan ini dengan menjaga dan melindunginya.

Artinya, paradigma berpikir dan tindakan manusia harus diubah dari yang materialistik dan instrumental menjadi spiritual. Dimensi spiritual ini harus ada dalam pikiran manusia.  Bila pikiran manusia berisi aspek spiritual, maka tindakan manusia terhadap alam juga cenderung spiritual.

Setelah terbentuknya dimensi spritual pada manusia, maka dengan sendirinya manusia bersikap baik dan adil terhadap alam. Sikap adil itu menujukkan kebijaksanaan seseorang, ketika alam memperlakukan manusia dengan baik dan lembut, semestinya perlakuan manusiapun juga demikian. Bukan justru berbuat kerusakan.

Dengan begitu, kehidupan yang baik tidak mungkin dilepas dari relasi harmonis antara manusia dan alam. Menjalin keharmonisan antara manusia dan alam merupakan visi ekologi spiritual. Dimensi spiritual seperti ini seharusnya membuat manusia peka dan sadar diri untuk memperbaiki kualitas hubungan spiritual dengan ciptaan-Nya yang lain, entah itu hubungan manusia dengan manusia, maupun hubungan manusia dengan alam.

Saat ini, tren bencana akibat kejahatan manusia terhadap alam perlu diperbaiki kembali. Membentuk kualitas harmonis dengan alam, menjaga dan melestarikan alam, sebab kebaikan seperti itu merupakan bentuk spritual kita kepada Maha Pencipta. Merawat alam juga bagian dari merawat iman.

Optimal Memanfaatkan Alam, Bukan Berarti Bebas Merusak

Meskipun manusia diberi kebebasan untuk mengolah dan memanfaatkan lingkungan, namun tetap harus memperhatikan kelestarian alam. Inilah yang kemudian melahirkan konsep bahwa kemashlahatan pribadi tidak boleh mengabaikan kemaslahatan umum atau untuk orang banyak.

Dalam tradisi ushul fiqih, realitas ini sejalan dengan kaidah “al-mashlahah al-‘āmmah muqaddam ‘ala al-mashlahah al-fardhiyyah” (kemaslahatan umum/kolektif harus didahulukan dari pada kepentingan individu/khusus).

Kaidah ini berorientasi kepada pemanfaatan alam secara etis. Artinya berlebih-lebihan merupakan tindakan yang tidak dibenarkan. Fondasi ini bagian dari dimensi etis-spritual. Dengan begitu perintah untuk memelihara lingkungan, hendaknya dipahami sebagai kewajiban kita sebagai Khalifah fi Ard.

Alam merupakam anugerah Allah yang harus dinikmati seluruh manusia, bahkan makhluk hidup lainnya. Semua kebelangsungan hidup makhluk bergantung kepada alam. Jahat sekali, bila ada kepentingan individu untuk mengeksploitasi alam dengan tujuan memenuhi hawa nafsu sendiri. Memanfaatkan alam harus sejalan dengan prinsip kemaslahatan ummat bukan individu

Al-Qur’an memberikan standarisasi untuk memanfaatkan alam secara optimal. Kita diberikan kebebasan untuk mengelola alam, dan meikmati hasilnya. Standarisasi yang dimaksud adalah etis tanggungjawab dan berkeadilan. Kedua sikap ini mencermikan spritualiatas yang dibangun atas amanah yang diberikan oleh Allah kepada manusia.

Itu sebabnya manusia ditunjuk menjadi wakil Tuhan. Karena memiliki potensi untuk berbuat adil. Keadilan merupakan prinsip dasar untuk menjadi wakil Tuhan, tetapi manusia juga memiliki potensi membuat kerusakan terhadap alam. Prinsip kerusakan ini berdasarkan hawa nafsu. Prinsip ini dimiliki setiap manusia, ia hanya bisa dikalahkan dengan keadilan. Mementingkan kemaslahatan ummat membuktikan kebijaksaan seseorang dan menjalankan amanahnya sebagai wakil Tuhan.

Memelihara alam juga merupakan bentuk perwujudan keadilan yang universal bagi seluruh makhluknya. Kepedulian terhadap alam tidak hanya untuk kemaslahatan alam itu sendiri, tetapi untuk kemaslahatan ummat sebagai jaminan keberlangsungan hidup manusia.

Memelihara alam juga memiliki nilai yang baik, tidak hanya pahala yang didapat, imanpun akan bertambah. Begitu juga dalam spritual, memelihara alam merupakan tindakan yang sejalan dengan sifat-sifat Allah, karena alam merupakan manifestasi-Nya.

Kiai Dayu Aqraminas, M.Ag, M.H, Peserta Pengaderan Kiai Muda Sensitif HAM dan Gender asal Provinsi Jambi, Rumah Kita Bersama dan The Oslo Coalition University of Oslo – Norwegia, 2021.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.