Profil

YAYASAN RUMAH KITA BERSAMA (Rumah KitaB) pertama kali digagas di tahun 2005. Setelah melalui berbagai upaya pematangan organisasi, Rumah KitaB akhirnya resmi didirikan pada awal tahun 2010. Lembaga ini digagas oleh para santri dan tokoh pesantren Cirebon. Saat ini Rumah KitaB dipimpin oleh Lies Marcoes Natsir, MA. yang mengelola kegiatan bersama sejumlah aktivis muda pesantren. Yayasan Rumah KitaB memiliki 8 orang peneliti inti dan lebih dari 30 anggota jaringan di sejumlah pesantren di nusantara.

Visi

“Terwujudnya tatanan masyarakat yang mandiri, cerdas, beradab, dan bermartabat yang menjunjung tinggi keadilan, kemanusiaan, kesetaraan, serta menghargai keragaman.”

Misi

  • Mengembangkan resource center untuk memproduksi pemikiran-pemikiran kritis tentang keislaman Indonesia dan perubahan-perubahan sosial yang berpihak pada kaum marjinal dengan berbasis pada kajian-kajian teks kitab kuning dan riset-riset transformatif dan mengadvokasikannya kepada pengambil kebijakan.
  • Mengembangkan pesantren berbasis komunitas sebagai pembelajaran dan wahana pengembangan pemikiran-pemikiran kritis tentang Islam untuk perubahan.
  • Melakukan kaderisasi tentang pemikiran Islam kritis yang berbasis pada khazanah pemikiran klasik atau kitab kuning.
  • Melakukan kampanye untuk pendidikan publik dan penyebaran pemikiran-pemikiran Islam yang meneguhkan keberpihakan pada kaum marjinal.
  • Mengembangkan kapasitas organisasi dan kelembagaan Rumah KitaB sebagai organisasi belajar (learning organization) yang mengelola pengetahuan dan mengembangkan pemikiran-pemikiran kritis untuk perubahan.

Tim Kerja