Selamat kepada Para Anggota DPR-RI Perempuan

Oleh: Nani Zulminarni

 

BAGI perempuan, tanpa terkecuali, terpilih menjadi anggota DPR-RI pastilah istimewa. Ribuan bahkan puluhan ribu suara harus diraih untuk mendapatkan kursi yang sangat terbatas itu. Sebagian perempuan, yang berprofesi sebagai artis, peragawati dan penyanyi, misalnya, diuntungkan oleh popularitas di bidang yang ditekuninya, sehingga ketika berkampanye dengan cepat ia dikenali oleh konstituennya dan mendapatkan dukungan suara. Sebagian diuntungkan karena terlahir dari keluarga yang telah berkiprah didunia politik cukup lama atau memiliki kedekatan dengan pemegang kuasa. Sebagian lagi harus berjuang keras dan berupaya berkali-kali tanpa kenal putus asa hingga akhirnya mendapatkan dukungan cukup untuk duduk di DPR-RI. Untuk semua perempuan ini, saya memberi hormat dan penghargaan, serta ucapan terima kasih atas tekad dan upaya yang dilakukannya untuk menjadi anggota DPR-RI. Saya juga ingin menitipkan asa pada mereka semua, agar berusaha keras memperjuangkan kepentingan, kesejahteraan dan keadilan pada perempuan dan kelompok masyarakat yang masih tertinggal khususnya untuk lima tahun kedepan.

Keberadaan beberapa perempuan pendatang baru dari kalangan selebritas, di gelanggang ini, tidak boleh direndahkan dan dianggap enteng, meskipun beberapa di antara mereka belum memiliki pengalaman berpolitik praktis. Setidaknya, mereka telah terbukti sebagai pekerja keras di bidangnya karena untuk menjadi populer bukanlah pekerjaan mudah. Jika ada rasa khawatir akan kemampuan dan peran yang akan dilakoni oleh mereka, maka pihak-pihak yang merasa lebih tahu, hebat, berpengalaman dan pintar, sebaiknya memberikan dukungan, menemani dan menjadi mitra kerjanya dalam memperjuangkan agenda dan kepentingan masyarakat. Pekerjaan mereka pastinya tidak mudah, selain menghadapi persoalan aktual masyarakat yang harus direspon sesuai peran dan tanggung jawabnya, mereka pun akan menghadapi lingkungannya yang masih sangat maskulin, patriarch dan tidak terlalu ramah kepada perempuan, serta konstalasi politik yang carut marut.

Saya senang kali ini ada perempuan yang duduk di jajaran pimpinan DPR-RI bahkan menjadi ketua. Bahwa yang bersangkutan memiliki banyak kemudahan dan diuntungkan karena takdir nya yang terlahir dari keluarga ternama, justru harus disikapi sebagai kekuatan, peluang dan kesempatan. Tumbuh, berkembang dan dimentori langsung oleh seorang ibu yang memiliki kuasa dan kharisma serta telah malang-melintang di dunia politik, tentunya dapat menjadi modal penting baginya untuk mewarnai kepemimpinan di DPR-RI agar menjadi lebih pro rakyat. Meremehkan kemampuan kepemimpinannya sebelum yang bersangkutan melaksanakan tugas adalah tidak adil dan melemahkan semangat dan tujuan penguatan perempuan di parlemen.

Di seluruh aspek kehidupan, perempuan selalu diberi beban tanggung jawab berlebih dan diberikan standar yang sangat tinggi, namun kuasa yang dibatasi. Hal ini membuat perempuan menghadapi tantangan dan tuntutan yang lebih berat ketika menjadi anggota DPR-RI. Saya berharap semua anggota DPR-RI perempuan kuat, tegar, tabah, dan kompak sehingga dapat berperan maksimal. Peningkatan jumlah anggota DPR-RI perempuan mencapai lebih dari 20% sangat menggembirakan, patut dirayakan dan disyukuri bersama. Pada mereka kita menyandarkan harapan lahirnya produk-produk hukum, pengawasan dan pengaturan sistem pemerintahan yang lebih adil dan bersih dari korupsi. Selamat bertugas para perempuan hebat anggota DPR-RI periode 2019-2024. Dengarkan suara kami dan mari bergandengan tangan mewujudkan kehidupan yang sejahtera, adil dan aman bagi perempuan khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Bagi mantan anggota DPR-RI perempuan yang kali ini tidak lagi mendapatkan cukup dukungan untuk kembali menduduki kursi di DPR, tentunya kita berterima kasih atas kerja baiknya selama ini dalam mengawal berbagai agenda perempuan di parlemen. Mari meneruskan perjuangan bersama di kehidupan nyata di masyarakat, di luar parlemen.[]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.