Rumah KitaB Gelar Diskusi dan Pemutaran Film di PBNU

BEKASI [Suara Bekasi Raya.Com] – Yayasan Rumah Kita Bersama (Rumah KitaB) sebuah lembaga kajian ilmu-ilmu ke-Islaman yang berlokasi di Bekasi dan dibina oleh Wakil Sekretaris Jenderal PBNU KH. Affandi Mochtar. Pada hari ini Kamis, 20 Juni 2013, menggelar kegiatan peluncuran buku, diskusi dan pemutaran film pendek di Gedung PBNU, Lt. 8 Jl. Kramat Raya No. 164, Jakarta Pusat dari pukul 13.00 – 16.00 WIB. Lies Marcoes-Natsir Direktur Yayasan Rumah KitaB kepada media massa menjelaskan bahwa acara ini diisi Prakata dan Launching Buku oleh Dr. David Hulse, dilanjutkan Pemutaran Film Pendek. Presentasi oleh Kartono Mohammad, Zumrotin Susilo, Abdul Moqsith Ghazali, sedangkan Acara Diskusi dengan moderator Lies Marcoes-Natsir.”

Lies Marcoes-Natsir menjelaskan bahwa buku-buku yang diluncurkan oleh Yayasan Rumah KitaB ini adalah hasil riset mengenai “Islam dan Hak-hak Reproduksi Perempuan yang dilakukan oleh para peneliti “Yayasan Rumah KitaB”. Seperti, Pemetaan Pandangan dan Sikap atas Keluarga Berencana (KB)’ di 6 kota, yaitu: Jakarta, Bogor, Cirebon, Yogyakarta, Solo dan Malang. Penelitian ini memetakan argumen kelompok Islam baik yang pro maupun kontra terhadap program KB.

Dimana dari hasil temuan lapangan tersebut menunjukkan bahwa sebagian kalangan Islam menentang KB berlandaskan argumentasi dari berbagai sisi: teologi, ideologi, sosial, politik, dan ekonomi. Fakta tersebut penting untuk diketahui oleh para pengamat kependudukan, penggiat kesehatan reproduksi, tokoh agama, akademisi, aktivis perempuan, media massa dan sebagainya.

Berdasarkan hasil studi tersebut, Rumah KitaB menerbitkan tiga buku yang masing-masing berjudul: ‘Peta Pandangan Keagamaan tentang Keluarga Berencana (KB)’, ‘Tiga Dasar Penolakan KB di Kalangan Islam Fundamentalis’, ‘Siapa Bilang KB Haram? Menolak Pandangan Kalangan Islam Fundamentalis tentang Larangan KB’.

“Kami sangat menghargai kesediaan rekan-rekan wartawan memenuhi undangan Yayasan Rumah Kitab ini,” kata Ustadz Mukti Ali salah satu Peneliti Yayasan Rumah KitaB melalui telepon selulernya kepada Suara Bekasi Raya.Com pada Rabu (19/6) malam.[Tigto]

2 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.