Liputan Media

Media Coverage of Rumah Kitab Foundation

Rumah KitaB: Kaji Agama untuk Kemanusiaan

Rumah KitaB adalah sebuah NGO yang sangat fokus tentang berbagai isu yang melingkupi hak asasi manusia, gender dan kesehatan reproduksi dan seksual, serta agama Islam. Rumah KitaB juga sangat peduli tentang pernikahan anak yang merugikan berbagai pihak di masyarakat.

komunita.id

UNICEF Ikut Tekan Pernikahan Dini di Probolinggo

Kedatangan tim Unicef yang terdiri dari Unicef Jakarta, yang diwakili Felice Baker; dan Unicef Surabaya yang diwakili Naning Puji Yulianingsih, serta Perhimpunan Rahima dan Yayasan Rumah Kita Bersama, sebagai mitra kerja Unicef disambut Wakil Bupati Timbul Prihanjoko di rumah dinas, Selasa (4/4/2017).

www.timesindonesia.co.id

"Fikih Kawin Anak" Perspektif Baru Pernikahan Dini

Direktur Yayasan Rumah Kita Bersama Lies Marcoes-Natsir pada sampul belakang buku menuliskan pihaknya melakukan kajian lebih mendalam tentang bagaimana teks keagamaan bicara soal perkawinan anak.

lampung.antaranews.com

Yayasan Rumah KitaB Sebut Pemerintah Kurang Awasi Program KB

Peneliti Yayasan Rumah Kita Bersama (Rumah KitaB), Roland Gunawan menilai pemerintah kurang mengawasi program Keluarga Berencana (KB) di daerah-daerah.

rri.co.id

DEMA FU dan Rumah KitaB Gelar Diskusi Kitab Jihad Seri VII

Dalam diskusi ini dikaji secara mendalam tentang pengaruh pemikiran tentang konsep jihad yang digaungkan oleh Abdullah ibn Baz dan Muhammad al-Maqdisi, dua tokoh dari kalangan wahabi yang hidup di Negara Saudi Arabia. Namun demikian keduanya mempunyai pemikiran yang berbeda: Abdullah ibn Baz beraliran wahabi salafi murni sedangkan Abu Muhammad al-Maqdisi beraliran wahabi salafi jihadi.

Ushuluddin UIN Jakarta

Abu A’la Al-Maududi, Konseptor Gerakan Jihad di Pakistan dan Afghanistan

Salah satu pokok pemikirannya adalah al-takfir (pengkafiran) dan al-tajhil (penjahiliyahan) terhadap masyarakat yang dianggap tidak berpijak pada apa yang mereka sebut “pemerintahan Allah". Ia juga beranggapan bahwa orang yang menentang peraturan di kalangan umat Islam, maka hak-haknya akan dicabut dan dianggap sebagai bagian dari ahl al-dzimmah--atau bisa saja ia dikafirkan dan difatwakan bahwa darahnya halal.

Ahlul Bait Indonesia

Abdullah Azam Dan Pengaruhnya Terhadap Gerakan Terorisme Di Dunia Islam

Menurut Mukti Ali (Akademisi Islam), mengatakan dalam pemahaman baru Azam, thaghut yang dikatakan bagi orang yang menjalankan aturan di luar ajaran Islam. Disini jihad yang dimaksud jadi pembunuh dulu baru dakwah. Kalau Islam normal, dakwah dulu kalau kepepet baru melakukan tindakan ekstrim.

Radarkotanews

Jihad Menurut Hasan al-Banna Berisi Pesan Damai

Menurut peneliti Rumah KitaB, Jamaluddin Mohammad, karya tulisan Hasan al-Banna tersebut banyak membicarakan Islam, Politik, Negara Islam, Masyarakat Islam, Sistem Ekonomi Islam, Ikhwanul Muslimin, Sistem Tarbiyah dan Usroh. Termasuk pula di dalamnya membahas mengenai jihad dan perjuangan dakwah membentuk masyarakat Islam.

Polhukam

Diskusi di UIN Jakarta: Hasan al-Banna Tegaskan, Jihad dengan Jalan Damai dan Toleransi

"Hasan al-Banna itu anti fanatisme dan membebaskan mazhab-mazhab sehingga tidak mempermasalahkannya. Sehingga menunjukkan adanya nilai toleransi yang besar," ungkap Ulil dalam diskusi mengenai Kitab Jihad "Majmu al-Rasa'il" Hasan al-Banna di kampus FISIP UIN Syarif Hidayatullah, Ciputat, Tangerang Selatan, Rabu (31/8).

Konfrontasi.com

Peneliti Rumah Kitab Investigasi Kampung Halaman Pelaku Bom Sarinah

Peneliti dari Yayasan Rumah Kita Bersama, Jamaluddin Mohammad, menceritakan pada pertengahan Januari 2016 dia melakukan investigasi ke wilayah tempat para pelaku bom Sarinah, Jakarta.

Satu Harapan

Kecam Kekerasan Seksual!

Lies mengkritik budaya patriarkat turut berperan sebagai penyebab masih adanya kekerasan seksual yang dialami kaum wanita.

Femina

Rugikan Hak Anak, Pelaku Nikah Usia Dini Bisa Dipidanakan

Peneliti Rumah Kitab Dr Mukti Ali menyatakan keprihatinannya perihal fenomena nikah misyar (nikah kontrak) yang terjadi di kawasan wisata Puncak, Bogor dan sekitarnya.

Nahdlatul Ulama

Kemiskinan Struktural, Penyebab Utama Praktek Perkawinan Anak

Pemerintah harus melakukan upaya komprehensif untuk menangani praktek pernikahan anak.

VOA Indonesia

Lies Marcoes Natsir, M.A: Dewasa Itu Aqil Baligh, Bukan Hanya Baligh

Definisi baligh secara fiqh itu akan berbeda dengan definisi baligh dilihat dari ukuran-­ukuran sosial dan hukum positif, sebab batas baligh dalam hukum positif misalnya diatur dalam Undang-Uundang yang merupakan produk politik dan hukum.

Yayasan Kesehatan Perempuan

Buku Fiqih Kawin Anak

Kajian teks keagamaan tentang perkawinan anak dalam buku ini berangkat dari diskusi bulanan yang diselenggarakan Rumah Kita Bersama (Rumah KitaB) sebelum dilajutkan dengan melakukan penelitian sosial di 5 provinsi di Indonesia; Banten, Jawa Barat, Jawa Timur (khususnya Madura), NTB dan Sulawesi Selatan.

Rahima

Silent crime: Child marriage

A study released on Thursday by NGO Rumah Kitab reported findings from Banten, West Java, South Sulawesi, West Nusa Tenggara (NTB) and East Java — not only confirm earlier studies, including that poverty and parents’ fear of their girl becoming an “old maid” drive communities and families to marry off girls barely out of high school.

The Jakarta Post

Pernikahan Anak Dibiarkan: Tidak Ada Kemauan Politik untuk Mencegahnya

Hasil penelitian Rumah Kitab di sembilan daerah di Indonesia menunjukkan, satu dari lima perempuan Indonesia menikah di bawah umur. Sebanyak dua pertiga dari perkawinan anak tersebut akhirnya kandas di tengah jalan dengan tragedi perceraian.

Kompas

"Fikih Kawin Anak" Perspektif Baru Pernikahan Dini

Dunia kini sedang membutuhkan wacana baru tentang konsep pernikahan dini karena upaya rasional lain yang dilakukan kerap kali berbenturan dengan teks keagamaan yang seolah-olah membenarkan perkawinan anak.

Antara Lampung

Why do Indonesian women join radical groups?

Around the world, young women are disappearing, for a surprising reason. They are leaving their homes to join terrorist groups with religious ideologies.

Indonesia At Melbourne

Indonesia’s ‘Virginity Tests’ Obsession Highlights Its Truly Rotten Armed Forces

“The more the public thinks the nation’s morals are in disarray,” Lies says, “the stronger is the pressure on women to guard the symbol of purity, which is measured with the most ancient parameter that lies in the subconsciousness of patriarchal men: ‘virginity.’”

TIME

Public Schools in Indonesia Feel Islamic Pressure

When Lies Marcoes heard that her daughter’s high school, in Bogor, Indonesia, required all female Muslim students to wear a head veil once a week, she was furious.

New York Times

Peluncuran buku Menolak Tumbang atau A Journey Against Defeat: Narratives of Women’s Rejection of Poverty

Peluncuran buku ini juga dihadiri oleh Direktur Pekka, Nani Zulminarni, dan fotografer Armin Hari sebagai narasumber.

Australian Human Rights Commission

Rumah KitaB Launching Siapa Bilang KB Haram?

Peluncuran buku Siapa Bilang KB Haram? berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti Rumah KitaB, dihadiri oleh Kartono Mohammad, Zumrotin K. Susilo, Lies Marcoes-Natsir, dan Abdul Moqsith Ghazali sebagai narasumber.

Satu Harapan