ITACI Raih Prestasi

ITACI atau kepanjangan dari Insani Teater Anak Cilincing, adalah kelompok remaja kreatif anak-anak Cilincing di Jakarta Utara yang dibentuk awal 2018 setahun setelah dimulainya Program Berdaya Rumah Kita Bersama di Jakarta Utara, Cirebon, dan Makassar pada tahun 2017.

ITACI merupakan ruang berkumpul para remaja dari berbagai latar belakang kultur dan budaya. Para anggota ITACI berasal dari komunitas yang sangat rentan pada terjadinya kekerasan atas nama agama-tradisi. Mereka merupakan remaja yang berjuang untuk tetap eksis di lembaga pendidikan, meskipun beberapa di antara mereka ada yang putus sekolah. Para Anggota ITACI berhasil menemukan ruang alternatif dan berupaya menjauh dari berbagai perlakuan diskriminatif, baik dalam ruang domestik maupun di ruang publik.

Hadirnya ITACI sebagai ruang bertemu bagi para remaja dengan berbagai latar belakang, merupakan prestasi yang harus diapresiasi. Berkat bantuan pembinaan dan bimbingan Rumah Kita Bersama melalui Program Berdaya di Jakarta Utara (2017-2019) komunitas remaja ITACI tidak hanya berhasil menjauh dari lingkaran diskriminatif (di ruang domestik maupun di ruang publik) tetapi juga berhasil menjauh dari gempuran ideologi yang yang menawarkan surga sebagai tempat alternatif terindah namun di saat yang sama melakukan proses dehumanisasi.

ITACI pun berhasil mewujudkan resiliensi remaja dari berbagai upaya diskriminatif. Bahkan Atas bimbingan Rumah KitaB sejak 2018, ITACI aktif memberikan advokasi dan membangun kesadaran di level komunitas terkait pentingnya pencegahan perkawinan anak melalui media kreatif, yang sangat cair dengan kearifan lokal seperti lenong Betawi, teater, dan kini ada musik dan tarian adat yang sebagai pelengkap lenong dan kreativitas teatrikal.

Kini ITACI makin populer, tidak hanya di level komunitas namun juga di kalangan stakholder di Kota Jakarta Utara dan Provinsi DKI Jakarta karena kontribusi sosial yang besar bagi resiliensi remaja di Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara.

Terakhir ITACI terpilih dalam sepuluh tim terbaik di Jakarta Utara untuk tampil dalam Festival Teater Jakarta Utara (FTJU) 2019, dan berhasil merebut dua piala untuk kategori tim terbaik harapan dua, dan pemeran pembantu wanita terbaik. Selain itu, salah satu anggota ITACI bernama Ika Fityan Maulana yang maju dengan bendera Teater 4 wajah berhasil terpilih sebagai penulis naskah terbaik dalam Festival Teater Jakarta Utara 2019.[AH]

Selamat ITACI. Teruslah Berkarya…!

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.